Tinggalkan Debat

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمٰنِ الرَّ حِيْمِ

Perdebatan dalam agama yang tidak sesuai dengan aturan syar’i merupakan salah satu di antara penyakit lisan yang sangat berbahaya. Bahkan merupakan sebab terjadinya perpecahan, putusnya hubungan, saling menjauhi di antara sesama kaum muslimin. Perdebatan juga bisa menjadi sebab kerasnya hati karena bisa menimbulkan kedengkian kepada kaum muslimin lainnya, demikian juga banyaknya waktu yang terbuang dan kurangnya manfaat yang didapatkan darinya, terlebih di bulan Ramadhan ini. Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم menjamin Rumah di Surga bagi mereka yang meninggalkan debat (tidak sesuai aturan syar’i) meskipun dia benar.

Dari Abu Umamah Radhiy-Allahu-‘Anhu, dia berkata, Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

“Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar. Aku juga menjamin rumah di tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan kedustaan walaupun dia sedang bergurau. Dan aku juga menjamin rumah di surga yang paling tinggi bagi siapa saja yang berakhlak baik.” ~HR. Abu Daud no. 4800 dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 1464.

Ta’lif (تأليف; Penyusun): Ustadz Abu Zakaria Ardes حفظه الله

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
Beri kesempatan kepada orang lain untuk memperoleh informasi. FREE SHARE, dengan tetap mencantumkan sumber informasi sebagai amanah ilmiyah
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” ~ HR. Muslim no. 1893.

296 total views, 1 views today